Menulis dan Membaca, Hobi baruku

Menulis dan Membaca, Hobi baruku
oleh: Sifa Najiba

Sumber foto: galeri foto pribadi

Melihat orang-orang menulis, sepertinya mudah sekali! Setiap tugas menulis dari guru pondok datang, begitu mudah mereka menuangkan segala gagasan di pikirannya. Sedangkan aku?! Aku harus berpikir lumayan keras untuk menuliskan gagasanku, padahal aku sudah rajin membaca buku. Aku berusaha merubah kebiasaab dulu, yaitu malas membaca! Jangankan membaca, melihatnya saja aku sudah sangat bosan. Tapi perlahan ... kupaksakan diri untuk bisa menyukainya. Berawal dari satu buku berjudul: "Yang Muda Yang Belajar." Aku berniat dan berazzam, harus bisa menghabiskan buku ini. Pokoknya harus!!!

Hari demi hari aku mulai suka membaca, walaupun tidak semua buku kusuka. Awalnya hanya buku-buku bergambar saja yang kubaca, padahal usiaku bukan kanak-kanak lagi. Namun, lama-lama aku mencoba membaca buku yang benar-benar polos tanpa gambar, hanya berisi tulisan saja, dan ternyata menyenangkan juga. Alhamdulillah ...

Sebenarnya bukan masalah buku itu bergambar atau tidak, tapi karena ilmu yang kudapat dari buku tersebut. Sebab hal itulah aku mulai suka membaca buku, apa pun jenisnya dan bagaimanapun bentuknya, baik tipis maupun tebal. Bagiku kini, buku adalah sahabat yang menyenangkan! Menasihati di kala aku membutuhkan dan menjadi koleksi yang sangat berharga.

Namun, untuk menulis ... entah mengapa diri ini belum juga pandai untuk menulis. Mungkin butuh proses juga seperti halnya membaca. Bismillah, akan kumulai paksakan diri menulis,   menjadikannya kebiasaan yang kelak menjadi menyenangkan seperti membaca.

Jakarta, Januari 2019
diedit oleh: Umi Fitri

Posting Komentar

0 Komentar