Apa Itu Sohibul Qur'an?.. Ini Penjelasanya

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Sohibul Qur'an
Oleh : Ifo Leades

Sohibul Qur'an! 
Ma'had tahfidz yang namanya diambil dari Hadits Nabi yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash radiyallahu 'anhu, dari Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Dikatakan kepada Sohibul Qur'an: 'Bacalah dan naiklah (ke derajat yang lebih tinggi)! Bacalah dengan tartil, sebagaimana kamu membacanya dengan tartil ketika di dunia, tempat yang dijanjikan bagimu bertepatan dengan ayat terakhir yang kamu baca." (HR. Imam Tirmidzi dan Abu Dawud)

Semoga Allah karuniakan aku menjadi Sohibul Qur'an, pemilik al Qur'an. Tak mudah tentu, butuh proses  yang panjang.

Di sini, di Sohibul Qur'an ... banyak hal yang kudapatkan tentang arti kehidupan, tentang arti sebuah perjuangan, kesungguhan, dan kesabaran.

Di sini wku mulai belajar hidup yang sebenarnya, terus berusaha menjadi yang terbaik, semuanya karena Allah Ta'ala. Bersabar ketika susah, Bersyukur setiap apa yang didapat, menikmati perjalanan hidup yang berlika-liku. Di sini kutemukan kawan-kawan yang pastinya berbeda-beda karakter, berasal dari berbagai daerah di pelosok Nusantara. Mengajarkan aku arti sebuah kesyukuran, bahwa Allah memberikan ujian yang berbeda, dan setiap insan punya kesedihan dan kesenangan (macam-macam) berbeda-beda.

Sohibul Qur'an, bersama Al-Qur'an hidup benar-benar berkah, bertemu dengan orang-orang hebat di sini, orang-orang yang berjuang buat jadi keluarga Allah, buat bisa masuk surga bersama keluarganya, nikmat-nikmat penuh berkah. Berkahnya hidup bersama Al-Qur'an.

Sempat bersedih hati dengan apa yang terjadi pada diriku, tahsin Al-Qur'an yang belum baik. Sungguh awal yang menyedihkan, tetapi aku sadar ... Tuhan Semesta Alam, Allah Yang Maha Kuasa, mengirim aku ke sini untuk lebih baik, pasti yang terbaik ....

Jakarta, Desember 2018
diedit oleh: Umi Fitri

Posting Komentar

0 Komentar